Rabu, Agustus 13, 2008

Pengen ikutan cari duit di internet? Apa aja yang harus kamu tahu?

disandur dari: http://duniaanda.com


Ketika sedang berselancar di dunia internet selama ini mungkin ada di antara kamu yang melihat banyak orang mencoba mengais rejeki di internet. Sebagian di antara kamu menjadi sangat tertarik soalnya lagi nganggur kali ya dan kemudian belajar lebih jauh meski tak semuanya menjadi sukses dan menikmati hasilnya. Sebagian lagi tidak percaya dan menganggap hal ini hanyalah bualan dan bohong belaka. Keduanya memang tidak salah sich. Soalnya, banyak program yang benar-benar membayar dan banyak juga program yang benar-benar menipu! Tinggal kalian pilih mana, pengen dibayar atau pengen ditipu :-D .

Pada kesempatan ini, kami tidak akan mengupas terlalu dalam soal program-program yang memang bisa dijadikan ladang penghasilan. Kami lebih konsentrasi ke apa aja sich yang harus kalian siapkan, apa saja yang harus kalian tahu sebelum mencoba mendulang emas di dunia maya. Jika asing dengan nama-nama program yang disebutkan, telan dulu aja mentah-mentah, bakalan dijelasin lain waktu koq. Siap?

Pertanyaan pertama, kalau kita berhasil mendapatkan rejeki duit dari internet, bagaimana duit itu bisa nyampe ke kita?

Ini pertanyaan penting banget kan! Rugi donk kalo kita udah dapet duit tapi ternyata tidak dapat kita ambil. Betul gak? Ga mungkin kan duitnya dimasukin amplop terus dikirimin ke rumah kita :P Nah, ada beberapa metode pembayaran yang bisa dipakai. Masing-masing program mempunyai metode pembayaran sendiri-sendiri, dan bisa jadi berbeda satu sama lain. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Cek. Kamu bisa mendapatkan kiriman cek dari beberapa program seperti Google Adsense, Adbrite, dll. Cek itu akan dikirimkan ke alamat rumah kamu dan kamu bisa mencairkannya di bank kesayangan kamu. Udah kebayang kan apa saja yang kamu butuhin? Minimal harus punya alamat rumah dan rekening di bank. Udah punya rekening bank belom? Sebagai catatan, kebanyakan bank mengharuskan alamat di cek sama dengan alamat di KTP, jadi ya jangan pake alamat kost atau alamat pacar ;). Udah punya KTP belom? Dan kamu juga harus tahu kalau tarif yang dikenakan untuk pencairan cek berbeda antara bank yang satu dengan yang lain. Bahkan untuk bank yang sama sekalipun, tarif yang dikenakan antar cabang bisa juga berbeda. Tarifnya variatif mulai dari $5 - $40, jadi jangan sampe kamu mencairkan cek yang cuma bernilai kurang dari $50 deh. Masa pencairannya pun bisa memakan waktu beberapa minggu.

Paypal. Mungkin buat kalian yang sering bertransaksi melalui internet pasti mengenal Paypal. Kalian tahu kan gimana bahayanya bertransaksi menggunakan kartu kredit di internet, data kartu kredit kalian bisa gampang dicuri tuh dan dikuras habis oleh sang pencuri. Nah, Paypal membantu kita dan memberikan cara yang lebih aman untuk bertransaksi. Pada saat bertransaksi dengan Paypal, kita cukup menggunakan email kita dan password tertentu tanpa harus memberitahukan data kartu kredit kita lagi. Udah punya email belum?

Eh, tapi Paypal tidak hanya bisa digunakan untuk bertransaksi saja lho, Paypal juga bisa digunakan untuk menerima duit. Asyik kan, jadi kita punya rekening di internet dan menerima duit dari siapa saja di seluruh dunia. Pendaftarannya gratis koq, tinggal klik saja gambar di atas. Cuma masalahnya pendaftaran gratis itu hanya berlaku untuk akun personal saja dengen beberapa keterbatasan. Kalau pengen bisa buat nerima duit, kalian harus upgrade ke akun premier atau business. Untuk upgrade, kalian membutuhkan kartu kredit berlogo Visa atau Master Card. Udah punya kartu kredit belum? Buat yang kesulitan bikin kartu kredit, kalian bisa membeli Virtual Credit Card (VCC) seharga 100ribuan. Kabar gembira terakhir, kalian bisa juga menggunakan rekening Bank Niaga sebagai ganti kartu kredit, saat ini hanya bisa untuk Bank Niaga saja!

UPDATE: Sekarang Bank Niaga juga sudah ga bisa dipake nich!!!

Nah, kalau sudah punya akun Paypal dan sudah terisi duitnya, gimana dunk cara ngambilnya? Salah satu caranya kalian bisa langsung tarik duitnya ke dalam kartu kredit kamu. Baru tahu ya kalau kartu kredit itu bisa buat nerima duit ;) ga hanya buat belanja aja! Cara lainnya kalian bisa menariknya ke rekening bank kesayangan kamu. Lagi-lagi, udah punya rekening bank belom?

Dua metode pembayaran di atas adalah dua metode yang paling populer di dunia internet marketing. Sebenarnya masih ada beberapa metode lainnya seperti EGold, Wire Transfer, Western Union, dll. Namun, hanya sedikit program-program yang menggunakan metode ini.

Pertanyaan kedua, apa saja skil yang harus dipunyai?

Oke, karena macam programnya sangat buanyak, macem-macem dunk skil yang harus dipunyai. Tergantung kalian mau memilih program yang model gimana. Beberapa skil dasar yang harus kamu siapin adalah.

Bahasa Inggris. Mau gimana lagi, kebanyakan program yang ada menggunakan bahasa inggris. Jadi, kalau pengen banyak dapetnya ya kalian harus bisa bahasa inggris. Ga pinter-pinter amat ga papa lah, yang penting jangan cuma ngerti artinya i love you doank dech ;) Nah, udah bisa bahasa inggris belom? Emang sich, mulai ada beberapa program yang bisa menghasilkan dengan bahasa Indonesia, tapi belum terlalu banyak, sehingga hasilnya juga belum tentu bisa banyak.

Blog/Website. Hari gini belom punya blog! Buat kami, blogger memang bukan tren sesaat ;) Buktinya, banyak program-program yang bisa menghasilkan uang melalui blog dan website kita. Udah punya blog belum? Gak perlu harus jadi orang IT atau ngerti pemrograman untuk bisa bikin blog. Jaman sekarang kita bisa bikin blog dengan gampang dan gratis, tinggal klak klik sana sini udah jadi dech. Kalau pengen bikin website dengan cepat dan profesional, kalian juga bisa belajar di Tutorial Web Bisnis Lengkap.


SELAMAT BERBURU DUIT!!


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hmmm...cari duit lewat internet yah...
emg dari apa yg aku lihat di blog kamu,beberapa bahkan semua caranya sangat menggiurkan serta tampak mudah, gimanapun itu perlu ada pertimbangan yg harus jadi perhatian seperti:
-sesuai ga sama yg dipromosikan
misalnya setelah kita ngikutin semua syarat da ketentuan apakah kita memperoleh hasil yang sesuai atau jgn2 setelah lama berusaha pendapatan kita hanya bertambah sedikit (tidak sesuai) bahkan untuk diambil sama pajak malah gedean pajaknya...
-pendapatan > pengeluaran atau malah sebaliknya
misalnya sarana penggunaan internet yang di gunakan lewat modem dg pulsa ato ke warnet setelah dilakukan akhirnya pendapatan yang diperoleh n pengeluaran kita malah gedean pengeluaran...
-terjadi penipuan
beberapa privasi kita dibajak, rekening dibobol,contoh kemungkinan ini banyak terjadi akhirnya kita yang merugi deh...
-halal ga sih?
mungkin "rule of the game" yang dimainkan malah menjerumuskan kita pada tindakan kriminalitas, tidak sesuai dengan ajaran agama (diharamkan), wah kalo sampe terjadi mendingan ga deh...

yah apapun itu kayanya kita mesti hati2...yang penting kita jangan mau "dibodohi" sama mereka yang berniat jahat...

Duitnet.web.id mengatakan...

Ehm. Coba nih panduan bisnis online dengan o rupiah. Just need Internet Connection. >> www.duitnet.web.id