Kamis, Agustus 07, 2008

Tips Menghadapi UAN


Di bagian ini, aku pengen berbagi pengalaman ma readers semua about pengalamanku selama menimba ilmu di jenjang SMA. Terutama buat ade-ade kelas XII yang bentar lagi bakal menghadapi UAN alias Ujian Akhir Nasional. Di sini, kalian bisa berbagi mengenai studi kalian, baik yang anak TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa, maupun yang udah ga sekolah. Karena pengalaman adalah guru yang paling berharga. Mari kita share ilmu kita dalam hal apapun, yang penting ga menyinggung SARA and politik, hehe.

Buat ade-ade yang mau menghadapi UAn neh, kalian bisa dapetin rangkuman materi UAN di sini. Kalian bisa download sepuasnya latihan-latihan soal UAN di sini. Juga dapetin tips and trick menghadapi hari “H” alias hari UAN.

Jangan sungkan juga kalau maw tanya-tanya, karena blog ini ada untuk berbagi ma kamu smua. So, enjoy and share..


Tips and Trick Menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN)


Hi readers, terutama anak-anak kelas IX SMP atau kelas XII SMA, dah siap neh wat menghadapi UAN? Kebanyakan sie, waktu ku tanyain ke ade-ade kelasku, mereka langsung pasang muka lesu bin suntrut sambil bilang, “Mba, kayanya tahun ini UAN bakal berat banget deh, Q takut neh.” Weitz, jangan kira sob, UAN jamanQ ga kalah ngerinya lho (alah, baru lulus tahun ne aja blagu, hehe). Bayangin aja, kalo tahun2 sebelumnya, kita cuma bertanding melawan 3 soal. Tapi UAN di tahunQ (2008-red), kita mesti battle dengan pelajaran yang tambah banyak, 6 mapel bo.. capek deh.

Pertama, kita emang ngrasa sanksi pa kita bisa, tapi buktinya, SmansaGa lulus smua bro! Jadi, ngomong aja ga kan nyelesein rasa ga PeDe kamu dalam menghadapi UAN, butuh action dan kerja keras plus laku batin yang muzti kamu lakuin dari sekarang. So, ga da kata terlambat klo kmu mulai dari sekarang. Neh, gw pengen berbagi pengalaman gw dalam mempersiapkan dan menghadapi hari “H” alias hari UAN. Inget sob, belajar 3 tahun cuma ditentuin dalam waktu 3 hari plus 12 jam. Ga mau kan perjuangan selama 3 tahun terbuang sia-sia dalam 3 hari? So, prepare yourself well. Let’s check this one!

Point 1 JANGAN MENUNDA WAKTU

Siapin diri kamu sedini mungkin. Ga ada alasan deh, masih 10 bulan lah, masih 6 bulan lah, masih 3 bulan kek, eh tau-tau ujian tinggal seminggu and kamu belon siap apa2. so, don’t waste the time! Ada banyak hal koq yang bisa kamu lakuin. Inget, kelas 12 tu singkat banget lho, ga lama. Jadi jangan menunda waktu belajar kamu cuma buat ngapelin pacar atau nongkrong yang ga jelas, kasih pengertian ke pacar atau temen kamu kalau kamu tu mezti belajar, ga mau kan kalau pacar ga lulus gara2 ga belajar, ihhh malu deh.. hehe.

Point 2 PANGKAS WAKTU BERMAIN KAMU

Nah, udah baca kan point pertama? Jadi kurangi deh waktu buat kongkow-kongkow atau ngapelin pacar kamu. Saatnya pacarin tuh buku-buku, atau ajak pacar atau temen kamu buat belajar bareng, kan ada hasilnya gitu. Lagian, udah puas kan seneng2nya waktu di kelas 2 alias kelas XI? Jadi, sekarang di kelas 12 tu waktunya buat insyaf, hehe. Tapi bukan brarti insyafnya cuman di kelas 3 waktu mau ujian, kalo tu sie sama aja boong, hehe. Inget, Ujian Nasional tuh momen yang penting banget. Ga mau kan kamu nyesel seumur hidup gara-gara ga lulus ujian? Inget bro, belajar 3 tahun, cuma ditentuin dalam waktu 3 hari! So, kasih eXtra time buat belajar di schedule harian kamu. Gini deh, kalo kita kalkulasi, sehari tu kan ada 24 jam, kalo 7 jam dipake buat belajar di sekolah, coba deh tambah lagi 3-4 jam buat belajar lagi di rumah. Ga rugi kan kalo 10 jam sehari kita gunain buat belajar, buat tidur yang cukup aja Cuma butuh sekitar 8 jam, jadi kan masih untung 4 jam. Jadi jangan bilang deh kalo males belajar.

Point 3 KUMPULIN LAGI BUKU-BUKU KELAS 1 DAN 2

Ayo sob, cari lagi buku-buku kelas 1 dan 2 yang udah diPack rapi di gudang kamu (apa jangan2 udah di-Kilo-in, hehe). Tata rapi di meja belajar kamu, trus bikin deh rangkuman dari materi2 itu. Pasti ga mau kan, tinggal sebulan ujian tapi kamu mesti baca buku2 yang tebalnya minta ampun. Jadi, liat point pertama, jangan menunda-nunda waktu. Salah satunya, bikin rangkuman. Tapi kalo kalian males bikin rangkumannya, kalian bisa download rangkuman di sini hehe. Pokoknya bikin rangkuman yang bisa bantu kalian untuk inget materi2 pelajaran itu.

Point 4 SAY NO TO “SKS”

Tau maksud SKS di sini? Bukan Sistem Kredit Semester kaya di perguruan tinggi, tapi SKS di sini adalah “Sistem Kebut Semalam”. Hayo ngaku, pasti ini metode yang paling banyak dipake siswa di era ini (termasuk penulis, hehe). Tapi sob, ga banget deh. Selain bikin materi yang dipelajari gak maksimal, juga bisa bikin daya tahan tubuh kita turun gara2 kurang tidur. Ga mau kan kalo pas ujian kita tertidur di atas LJK kita (hiii, ngiler lagi, hehe). Jadi, buang jauh2 deh metode ini. Kalo kamu smua menerapkan metode point 1 dengan baik, dijamin deh, soal2 ujian bisa kalian kerjain dengan baik. Kan kalian dah persiapin dari jauh2 hari, plus penyerapan materi tu lebih maXimal. Stamina kalian kan juga OK, jadi waktu ujian otak kalian tu bisa bekerja dengan optimal.

Point 5 LATIHAN SOAL

Sob, ga da artinya kamu belajar, baca buku mpe mata jendol, tapi gak latihan soal. Ibarat sayur tu ga da rasanya. Coz, dengan latihan soal, pola pikir kita tu jadi lebih berkembang, juga nglatih mental kamu buat ngadepin soal dengan berbagai variasi. Coba deh, cari2 soal. Pinjem kakak kelas lah, pinjem guru, foto kopi, beli buku, atau browsing di internet. Kamu juga bisa download soal-soal latihan UAN di sini. Pokoknya, latihan soal sebanyak mungkin deh. Gimanapun juga, kita ‘ngerti’ itu better than ‘hafal’. Tapi yang paling penting, setelah dapet soalnya, kerjain donk, masa cuma dipelototin doang, kalo gitu sie sama aja boong, hehe.

Point 6 IKUT BIMBEL ATAU LES PRIVAT

Ada banyak bimbel kenamaan yang menawarkan paket2 khusus menjelang UAN. Ini ga jadi suatu patokan buat kalian harus ikut bimbel atau les privat. Dengan kalian ikut bimbel atau ga, tergantung niat kamu aja. Kalo kamu ikut bimbel cuman buat iseng2 aja, percuma juga kan. Buang2 tenaga, waktu pikiran, dan pastinya duit. Kalian juga bisa koq bentuk kelompok buat belajar bareng ma temen2. Cuma nilai plus dari ikut bimbel atau les privat ntu, kamu bakal dibina ma tentor2 atau guru2 yang udah kompeten di bidangnya. And pastinya, kalian bakal dapet ilmunya lebih daripada yang didapat di skul. Kalian pastinya juga bakal dapet tips and trick buat ngerjain bermacam tipe soal. Tapi inget, apapun dan di mana pun bimbelnya, ga kan ada hasilnya kalo ga da niat and kemauan dari kalian buat belajar. Jadi sob, niatin hati kamu buat belajar.

Point 7 DOA

Ini neh, the most important thing from all. Usaha kita bakal sia-sia kalo ga diimbangi ma doa and restu dari ortu kita. Jasi, selain belajar, amalan spiritual tu penting. Tapi bukan berarti kita mesti bikin sesaji atau pergi ke dukun buat nyari wangsit. Yang dimaksud amalan spiritual di sini adalah berdoa menurut agama dan kepercayaan kamu masing2. contohnya buat yang beragama Islam (kebetulan penulis adalah seorang Muslim) yaitu solat tahajud tiap malem, solat duha, puasa sunah, DeeLeL. Ga lupa pula buat berbakti ma ortu and minta bantuan doa dari mereka. Coz, kaya apapun usaha kita kalo ga ada restu dari ortu sama aja boong. Jadi mesti berimbang, OK sob!

So, are U ready to battle? Seberapa siap sie diri kamu buat menghadapi UN? Yang bisa jawab ya Cuma kamu ndiri. Jadi siapin sekarang, atau nyesel seumur hidup,hehe. Sob, sementara, segini dulu yang bisa Q bagi ma kalian. Tunggu aja, ke depan pasti ada tips and trick lainnya buat kamu. Mari berbagi pengalaman dan ilmu kita. Ku tunggu partisipasi kamu semua di blog ini. See U at the next posting. Enjoy and share.

Tidak ada komentar: