Rabu, Agustus 13, 2008

Belajar Bahasa Inggris, kenapa sulit banget yach?

Kalian tahu tidak? Noam Chomsky, ahli bahasa Amerika, mengatakan bahwa saat dilahirkan kita sudah dilengkapi dengan perangkat bahasa di otak kita yang dinamakan Language Acquisition Device (LAD). Jadi, kita sudah mempunyai modal dasar untuk belajar bahasa apapun sejak dilahirkan. Coba bayangkan, seorang anak Indonesia yang dilahirkan di London misalnya, pasti akan lebih fasih berbahasa Inggris daripada berbahasa Indonesia. Iya toh.. Lihat saja gaya Cinta Laura, “Banyak orang-orang yang ikut dunia entertainment langsung drop out of school, itu menurut aku that’s really really stupid. Soalnya mereka nggak pikirin long term. Huehehehe…

Berhubung Bahasa Inggris tidak menjadi mother language di negeri ini, jadinya kita bisa belajar Bahasa Inggris melalui instansi pendidikan seperti sekolah ataupun lembaga kursus Bahasa Inggris yang sudah menjamur dimana-mana. Nah, lalu mengapa masih banyak orang yang menganggap Bahasa Inggris itu sulit? Apakah itu berarti pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia gagal?

Berdasarkan hasil pengisian kuesioner yang Diba Artsiyanti Ediyana Putri pernah buat untuk tugas kuliah, terdapat beberapa masalah yang, menurut para siswa, menghambat mereka untuk menguasai Bahasa Inggris. Masalah-masalah tersebut adalah:

  1. Jarangnya guru berbicara dengan Bahasa Inggris di dalam kelas. Hal ini dirasakan menghambat oleh para siswa karena menurut mereka, mereka jadi tidak terbiasa mendengar orang lain berbahasa Inggris.
  2. Pelajaran terlalu ditekankan pada tata bahasa (dan bukan pada percakapan), tetapi siswa jarang diberi arahan mengenai bagaimana dan apa fungsi dari unsur-unsur tata bahasa yang mereka pelajari tersebut. Berdasarkan hasil kuestioner dan hasil tes pada para siswa, terlihat bahwa rata-rata siswa menguasai pola-pola tata bahasa Inggris (misalnya struktur untuk simple present tense, dan lain-lain) tetapi, SISWA TIDAK MENGETAHUI KAPAN STRUKTUR TERSEBUT HARUS DIGUNAKAN DAN BAGAIMANA PENGAPLIKASIANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Ini merupakan hal yang sangat luar biasa karena Bahasa Inggris, sama halnya seperti Bahasa Indonesia, akan lebih bermanfaat jika dapat digunakan dan diaplikasikan meskipun secara tata bahasa siswa tidak terlalu menguasainya. Bukan berarti bahwa pembelajaran tata bahasa ini tidak penting, tetapi perlu sekali teori-teori tersebut dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
  3. Kosa kata yang diajarkan tidak terlalu berguna dalam percakapan sehari-hari. Banyak siswa yang mengeluhkan bahwa kata-kata yang diberikan oleh guru Bahasa Inggris di sekolah terlalu bersifat teknis, misalnya mengenai industrialisasi, reboisasi, dan lain-lain, sementara siswa tetap saja mengalami kesulitan untuk mengartikan kata-kata yang banyak digunakan pada film, majalah, dan situs-situs internet berbahasa Inggris. Bahkan kadang-kadang, siswa sangat hapal istilah-istilah Bahasa Inggris untuk bidang politik (seperti misalnya reformation, globalization, dan lain-lain) tetapi tidak dapat menyebutkan benda-benda yang biasa mereka pakai sehari-hari dalam Bahasa Inggris (misalnya celengan, selokan, dan lain-lain). Beberapa kalangan siswa bahkan mengatakan bahwa dengan kosa kata seperti yang dipelajari di sekolah tidak mungkin siswa dapat memulai percakapan dengan orang asing dengan menggunakan Bahasa Inggris. Mungkin ada benarnya juga, tidak mungkin tentunya kita tiba-tiba mengajak orang yang baru kita kenal untuk mendiskusikan industrialisasi, misalnya.
  4. Materi pelajaran Bahasa Inggris di SMP dan SMU tidak berkesinambungan. Para siswa menyatakan bahwa sering terjadi pengulangan materi (seperti misalnya tenses) yang telah diajarkan di SMP di tingkatan SMU, tetapi tetap saja fungsi dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari kurang jelas.

Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Soenjono Dardjowidjojo, Ph.D., guru besar linguistik bahasa Inggris di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa “Untuk dapat mengajar bahasa, gurunya harus mampu berbahasa dengan baik dulu.” Nah, jika kalian adalah pengajar Bahasa Inggris, sudah seharusnya kalian terus mengasah kemampuan Bahasa Inggrisnya. Banyak banget koq sumber pembelajaran bahasa Inggris di internet. Salah satunya adalah British Council yang menyediakan Materi Pengajaran Online Untuk Guru Bahasa Inggris. Kalian akan dibantu melalui link internet sumber-sumber pengajaran bahasa Inggris terbaik, termasuk jejaring, materi pengajaran, rencana pengajaran, artikel serta berita.

Nah, jika kalian masih sekolah atau kuliah, aku serius lho, Bahasa Inggris itu penting banget buat kalian semua. Makanya, harus terus semangat belajar Bahasa Inggris yach! Ikut aja English Club yang ada di sekolah kamu. Kalo mau bikin English Day atau English Area.

Kalo ada kesempatan buat ikutan kursus Bahasa Inggris, ikutan aja. Lebih bagus lagi kalau kalian ikutan kursus di lembaga kursus yang mempunyai pengajar native speaker juga, jadi kalian bisa langsung belajar berkomunikasi dengan “bule” secara langsung. Aku sendiri sudah ngerasain gimana cepatnya progress belajar Bahasa Inggris jika lewat ngobrol langsung dengan native speakers.

Buat yang tidak punya kesempatan buat kursus Bahasa Inggris, jangan menyerah juga ya! Masih banyak cara lain koq. Beberapa tips & trik yang bisa digunain antara lain:

  1. Rajin-rajin ndengerin musik berbahasa Inggris sambil belajar baca teksnya. Lumayan kan bisa mengasah kemampuan listening & reading.
  2. Sering-sering nonton film luar negeri yuk! Nonton Kungfu Panda di bioskop asik banget, nonton di rumah juga oke. Tapi jangan asal cuma lihat adegannya aja ya, coba dengerin juga suaranya untuk mengasah kemampuan listening kamu.
  3. Baca novel Harry Potter yuk! Nah, baca komik, majalah, novel, dan buletin berbahasa Inggris bisa membantu kemampuan reading kamu lho.
  4. Klo lagi maen ke Bali atau tempat wisata yang penuh dengan bule, jangan lupa ngajak kenalan dan ngobrol dengan bule-bule tersebut. Penting banget buat mengasah kemampuan speaking kamu. Selain itu, lumayan kan bisa punya banyak temen bule yang cakep2 & cantik2. Hehehe…
  5. Nah, terakhir, coba deh belajar menulis surat cinta dalam Bahasa Inggris. Coba kalian lihat, berapa baris kata yang bisa keluar. Payah benar jika kalian hanya bisa menulis tiga kata “I Love You” saja. Asyik juga kan sekalian belajar writing yang bagus.

Pokoknya jangan sampe dech nantinya Bahasa Inggris kalian cuma bisa seperti si Sum dalam cerita berikut:


An Email From Sum

Mbak Sum; bermaksud memutuskan hubungan dengan kekasihnya bernama Robbie, seorang bule dari Amerika, akan tetapi dia tak sanggup untuk bertemu muka dengan kekasihnya. Mbak Sum menulis surat dengan berbekal pengetahuan bahasa Inggris & kamus tebal.

Hi Robbie,
With this letter I want to give know you

(hai Robbie, bersama surat ini saya ingin memberitahu kamu)
I want to cut connection us
(saya ingin memutuskan hubungan kita)
I have think this very cook cook
(saya telah memikirkan hal ini masak masak)
I know my love only clap half hand
(saya tahu cinta saya hanya bertepuk sebelah tangan)
Correctly, I have see you go with a woman entertainment at town with my eyes and head myself
(sebenarnya, saya telah melihat kamu pergi bersama seorang wanita penghibur di kota dengan mata kepala saya sendiri)
You always ask apology back back times
(kamu selalu minta maaf berulang ulang kali)
You eyes drop tears crocodile
(matamu mencucurkan airmata buaya)
You correct correct a man crocodile land, my Friend speak you play fire
(kamu benar-benar seorang lelaki buaya darat, teman saya bilang kamu bermain api)
Now I know you correct correct play fire
(sekarang saya tahu kamu benar benar bermain api)
So, I break connection and pull body from love triangle this
(jadi, saya putuskan hubungan dan menarik diri dari cinta segitiga ini)
I know result I pick this very correct, because you love she very big from me
(saya tahu keputusan yang saya ambil ini benar, karena kamu mencintai dia lebih besar dari saya)
But I still will not go far far from here
(namun saya tetap tidak akan pergi jauh-jauh dari sini)
I don’t want you play play with my liver
(saya tidak ingin kamu main-main dengan hati saya)
I have been crying night night until no more eye water thinking about your body
(saya menangis bermalam-malam sampai tidak ada lagi airmata memikirkan dirimu)
I don’t want to sick my liver for two times
(saya tidak mau sakit hati untuk kedua kalinya)

Safe walk, Robbie
(selamat jalan, Robbie)
Girl friend of your liver
(kekasih hatimu)

Note: this river I forgive you, next river I kill you !
(kali ini aku maafkan kamu, kali lain kubunuh kau !)


Tidak ada komentar: